CONTOH SUSUNAN IBADAT SABDA OLEH SEORANG AWAM

Oleh :Petrus Boga
  1. PEMBUKA
Nyanyian pembuka ( MB 162)
  • Salam pembuka:
P: Dalam nama Bapa dan putara dan Roh Kudus.
U: Amin.
P: Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus cinta kasih Allah dalam persekuatuan Roh Kudus beserta kita …..
U: Sekarang dan selamalamanya
  • Tema atau pengantar
Contoh:
Saudara/I Yang dikasihi oleh Yesus Kristus,
Tuhan mengundang kita, untuk mau menujukan  suatu sikap dan tindakan iman akan Allah bahwa kita tidak boleh menuntut sesuatu berdasarkan apa yang kita pikirkan tetapi kita harus melakukan apa yang dikehendaki Tuhan. Hal ini digambarkan dalam bacaan-bacaan yang akan kita dengarkan bersama, yakni dalam bacaan pertama …“bagaimana tindakan iman dalam suami istiri dan seorang pribadi yang tidak mempuyai istri, dan dalam bacaan injil digambarkan dalam peristiwa orang Farisi meminta tanda kepada Yesus.  
Saudara/I Yang dikasihi oleh Yesus Kristus,
Kita sebagai manusia rapuh, seringkali kita menuntut Sesutu yang kita pikirkan dan itu bukan kebutukan kita dan memaksakan kehendak Tuhan untuk meminta suatu tanda dalam hidup kita.  Oleh karena itu, mari kita mangakui salah dan dosa kita di hadapan Tuhan, agar Tuhan Maha pengampun mengampuni salah dan dosa kita dan kita layak dan pantas mengikuti ibadat sabda ini.  
  • Doa tobat
P: saya mengaku…………………
U: Kepada Allah yang Maha Kuasa
P: Semoga Allah yang Maha Kuasa mengasihani kita, mengampuni salah dan dosa kita dan mengatar kita ke kehidupan yang kekal.
U: Amin.

  • Doa pembuka
Contoh:
P: Ya Allah Bapa yang Maha baik, kami bersyukur kepada-Mu atas anugrah hidupyang kau berikan. Ya Tuhan seringkali kami mencobai-Mu, maka kami mohon ampunilah dosa kami dan tamabakan iman kami agar kami mendengarkan, meresapi, menyimak dan melakukan firman-Mu dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan. Memberikan kami pandangan yang positif memaknai stiap firman-Mu supaya kami senantiasa mengupayakan untuk memaknai setiap firman-Mu menjadi dasar kehidupan kami dan sungguh-sungguh menjadi sarana mengenal Engkau. Sebab,Engkaulah  Kristus Tuhan kami yang hidup dan berkuasa dalam persektuan dengan Roh Kudus  Allah sepanjang segala masa.
U: Amin.
  1. IBADAT SABDA
  • Bacaan I atau II
Bacaan diambil dari 1kor. 7:1-24
Nyanyian renungan:  
  • Bacaan injil
Injil dari  Mrk. 8: 11-13
 Homily
Contoh:
Janganlah mencobai Tuhan Allahmu…!
Saudara/I yang dikasihi Yesus Kristus,
Dalam bacaan yang kita dengarkan  bersama, Tuhan menujukan  suatu sikap dan tindakan iman akan Allah bahwa kita tidak boleh menuntut sesuatu berdasarkan apa yang kita pikirkan tetapi kita harus turuti dan melakukan apa yang dikehendaki Tuhan.
Dalam bacaan pertama santo Paulus menegaskan kepada umat korintus bahwa “janganlah kamu saling menjauhi, kecuali  dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu dapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.
Saudara/I yang dikasihi Yesus Kristus,
Perkataan St. Paulus tentang pemahaman suatu tindakan dalam kehidupan suami isti ini, untuk mengajak kita mengantisifasi dalam mengadapi suatu  godaan dalam hidup dengan suatu tindakan yaitu mendekatkan diri dengan Tuhan melalui doa, supaya kita semakin mengenal dan dekat dengan Tuhan, agar kita ditolong Tuhan dalam godaan apapun godaanya, sebab godaan  tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
Saudara/I yang dikasihi  Yesus Kristus
Dalam bacaan injil, godaan itu Yesus pun mengalaminya, yaitu datanglah “orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surge.  Tetapi Yesus tidak memberikan suatu tanda apapun dan meninggalkan mereka. Sebab mereka mencobai Tuhan.
Saudara/I yang dikasihi Tuhan, tidakan ini suatu tindakan iman yang tidak benar dan tindakan melangkahi kehendak Tuhan sebab mereka merencanakan untuk mencobai Tuhan bukan untuk meminta suatu tanda demi kebutuhan hidup mereka melainkan hanya untuk memenuhi hasrat mereka.
Sadara yang dikasih Tuhan, kita pun secara tidak sadar sering kita juga mencobai Tuhan. Contoh, kita berdoa memohon pertolongan Tuhan dalam menghadapi ulangan untuk mendapatkan nilai yang baik namun, kita sendiri tidak belajar dan nilai tentunya kurang dari nilai yang kita harapkan. Ini adalah bentuk lain kita mencabai Tuhan.
Saudara/I yang dikasihi Tuhan’
Melalui firman-Nya, kita disadarkan akan tindakan iman yang sering kita salah bertinkahlaku yang mestinya kita menuruti kehendak Tuhan atau apa yang Tuhan butuhkan bukan apa yang kita inginkan.
Semoga kita tidak mencobai Tuhan dengan untuk memenuhi keinginan kita, melaikan kita semakin pekah untuk mendengarkan suara hati untuk melakukan sesuatu yang tuhan butuhkan dari pada kita. Amin.
Doa aku percaya
Doa umat
Contoh:
Allah Bapa Yang Maha pengasih, kami datang kehadirat-Mu mau menyampaikan doa, harapan dan permohonan kami. oleh karena itu, jaukanlah segala penghalan segala relasi kami dengan Dikau jauhkanlah kearah yang tidak terjangkau agar kami berdoa kepada-Mu sesuai kehendak-Mu.
  1. Bagi gereja
Ya Bapa, berikanlah kekuatan, kesehatan, dan kebijaksanan kepada para pejabat gereja dan juga semua orang yang berjuang perkembangan gereja-Mu, agar Gereja-Mu tetap berdiri tegak di atas dasr iman akan Dikau. Marilah kita mohon.
  1. Bagi masyarakat
Ya Bapa, kami mohon memberikan pengertian dan pemahaman serta kesadaran akan hidup itu sendiri kepada masyarakat kami, agar setiap pekerjaan mereka, mereka lakukan hanya untuk memuji dan memuliakan hanya nama-Mu. Marilah kita mohon.
  1. Bagi para pemimpin bangsa
Ya Bapa kami mohon berikanlah pandangan yang positif dan jiwa nasionalisme serta pikiran yang bijak, baik dan benar dalam meyelenggarakan semua program kerja mereka dan berikan berperilaku yang adil agar mereka membagun bangsa dan Negara kami dengan baik dan benar supaya kami diarahkan pada tujuan dan cita-cita luhur sautu banggsa dan Negara yakni hidup amam, damai, sejahtera dan makmur. Marilah kita mohon.
  1. Bagi kita di sekitar alatar
Ya Bapa kami mohon  berikan kami suatu sikap tulus, murah, ramah dan syukur  serta kesabaran, kebijaksanan, dan setia dalam stiap kami, agar kami  menjalani hidup ini seperti Bunda Maria.
Bapa kami
Doa Bapa kami dinyanyikan ……………………
  1. PENUTUP
Contoh:
P: Ya Allah Bapa yang penuh kasih dan cinta, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu sebab, Engkau senatiasa mengingtkan dan menguatkan iman kami akan Dikau melalui Firman-Mu. Tambakanlah iman kami dan jauhkanlah kami dari hal-hal yang membuat kami sering mencobai Engkau, agar kami tidak melakukan segalanya menurut pemahaman kami melainkan kami tetap melakukan sesuai apa yang Engkau kehendaki, demi Yesus Kristus Tuhan dan pengantara kami.
U: Amin
Berkat penutup
P: Tuhan beserta kita
U: Sekarang dan selama-lamanya.
P: Saudara/I Yang dikasihih Oleh Allah Yang Maha Kuasa, kita senantiasa dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh berkat Allah Yang Maha kuasa, dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.
Perutusan
P: Dengan ini ibadat sabda kita sudah selesai
U: syukur kepada Allah
P: marilah kita pergi, karena kita diutus untuk mewartakan kasih dan cinta-Nya kepada dinia.
U: Amin
Nyanyian penutup


Catatan:
Jika tidak ada suatu pemimpin ibadah (imam atau pastor) anda bisa memipin ibadat sabda dengan rumusan di atas ini. semoga rumusan ibadat ini membantu anda dalam melayani sesamamu.


Related Posts:

10 Responses to "CONTOH SUSUNAN IBADAT SABDA OLEH SEORANG AWAM "

  1. Trima kasih saya bisa memimpin ibadah dgn baik..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Puji Tuhan, dng adanya contoh di atas, saya jadi lebih percaya diri dlm memimpin ibadat di lungkungan kami. Terimakasih

      Hapus
  3. Terima kasih,untuk menambah pengetahuan saya untuk memimpin ibadat di stasi kami.

    BalasHapus
  4. Terima kasih panduannya.. saya jadi tidak ragu lagi utk memimpin ibadat sabda ketika dibutuhkan.

    BalasHapus
  5. terimakasin ini sangat membantu.🙏🙏🙏

    BalasHapus